Sabtu, 30 Mei 2009

Torehan Prestasi Tingkat Nasional


PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus mengukir prestasi sebagai juara II Lomba Stan Pameran APM dalam perhelatan Akbar PSBG Award Tingkat Nasional di PUSDIKLAT Depdiknas Sawangan Depok pada Rabu dan Kamis 10 - 11 Desember 2008 yang lalu. Dalam acara yang bertajuk “Temu Nasional PSBG; Penghargaan PSBG Terbaik dan Tantangan Masa Depan” tersebut ditampilkan stan-stan pameran APM yang berasal dari 7 (tujuh) provinsi yang merupakan daerah rintisan program DBE 2 diantaranya; Sumatera Utara, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh DBE 2 (Decentralized Basic Education 2) Jakarta yang bertujuan meningkatkan mutu belajar mengajar di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyyah yang direfleksikan melalui pengembangan kemampuan dan ketrampilan guru, juga lingkungan sekolah yang lebih kaya dan kondusif dan dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber belajar. Untuk tercapainya tujuan tersebut maka paket pelatihan dikembangkan DBE 2 ; pelatihan untuk guru, kepala sekolah dan pemangku peran lainnya dilaksanakan, serta pendampingan ke sekolah-sekolah dilakukan. Dalam kegiatan tersebut setiap provinsi menampilkan 3 stan pameran APM yang berasal dari PSBG terbaik I, II, dan III hasil seleksi PSBG Award tingkat provinsi.

PSBG Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu dari 3 PSBG wakil PSBG di Jawa Tengah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Lainnya adalah PSBG Dwijo Utomo Ngemplak Boyolali dan PSBG RA. Kartini Jatipuro Karanganyar. Kontingen PSBG Ki Hajar Dewantara yang diwakili oleh Waluyo, S.Pd (Ketua PSBG) dan Ahmad Fadlli (LRC) menampilkan APM hasil kreasi guru-guru yang meliputi 4 mata pelajaran pokok diantaranya; Cerobong Asap, Tulang Nopier 4 Angka, Peta 3 dimensi, Kartu Kosakata, Jam Dunia dll.

Penilaian stan pameran dilakukan oleh oleh tim independen yang terdiri dari unsur Depdiknas, Depag, dan DBE 2. Jerih payah warga gugus dalam mempersiapkan APM terbayar lunas ketika PSBG Ki Hajar Dewantara dinyatakan sebagai Juara II Lomba Stan Pameran APM dalam perhelatan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kudus melalui Kabid DIKDAS Bapak H. Hadi Sucipto, S.Pd, MM menyambut baik prestasi tersebut juga mengucapkan terima kasih telah mengangkat nama Kudus di kancah nasional sambil berharap agar aktifitas dan kreatifitas PSBG Ki Hajar Dewantara dapat ditingkatkan di masa mendatang. Hal senada juga diungkapkan oleh Bapak Sutikno, S.Pd selaku Kepala UPTD Pendidikan Kec. Kaliwungu Kab. Kudus pada saat memberikan sambutan di kantornya.

2 komentar:

  1. Tulisannya bagus. Cuma mengapa berhenti sampai di sini. Ayo lanjutkan terus berkarya!

    BalasHapus
  2. Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

    BalasHapus