Sabtu, 30 Mei 2009

Belajar dengan ICT sungguh mengasyikkan


Selama ini peralatan Information, Communication, and Tehnology (ICT) yang dalam istilah Indonesia disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) diantaranya; Komputer (desktop), laptop (notebook), kamera digital, handycam (camcoder), dan printer sebatas digunakan untuk keperluan administrasi sekolah & guru serta untuk dokumentasi saja. ICT (TIK) belum masuk atau dimasukkan dalam mendukung ranah pembelajaran dalam arti mendukung proses pembelajaran aktif di dalam kelas.
DBE 2 melalui pelatihan DALI (Developing Active Learning using ICTs) datang untuk menintegrasikan peralatan ICT (TIK) tersebut dalam mendukung proses pembelajaran siswa aktif di kelas-kelas SD/MI rintisan DBE 2. Warga gugus Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus berpartisipasi mengikuti roll out DALI yang difasilitasi oleh DBE 2 Jawa Tengah. Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap dan setiap tahap berlangsung selama 3 (tiga) hari. Roll out DALI ke-1 pada 16 s/d 18 Desember 2008, DALI ke-2 pada 15 s/d 17 April 2009 sedangkan DALI ke-3 pada 30 April s/d 2 Mei 2009 bertempat di PSBG Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus.
Setiap SD/MI rintisan DBE 2 mengirimkan peserta yang terdiri dari 2 (dua) orang guru. Peserta dibekali berbagai ketrampilan-ketrampilan praktis penggunaan peralatan ICT (TIK) oleh para fasilitator yang terdiri dari; ICT Team DBE 2, DLC, LRC, MTT, dan ICT Person. Materi-materi yang dikupas tuntas dalam DALI antara lain; Kemampuan penggunaan computer dalam Tantangan Komputer, pembuatan iklan digital dalam advertising activity, pembelajaran aktif dengan ICT (TIK); Komunitasku dan Museum Digital, serta Pembelajaran Aktif dengan Satu Komputer; Jeopardy dan Consentration. Juga tidak kalah pentingnya fasilitator mengujicobakan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah berintegrasi dengan ICT (TIK). Para guru sangat menikmati pelatihan tersebut dan sangat enjoy dalam melaksanakan setiap tugas per-sesinya karena merupakan pengalaman yang sangat berharga jarang-jarang dapat mengikuti pelatihan dengan materi-materi yang up to date dengan perkembangan zaman. Ditambah lagi dengan para fasilitator yang sangat enerjik dan tidak kenal lelah dalam membantu peserta memahami materi DALI. Terjadi kompetisi yang sangat ketat dalam setiap sesi materinya, karena di hari terakhir akan diumumkan the best of completion dari setiap materi DALI tersebut.
Setelah usai pelatihan diharapkan peserta dapat mengaplikasikan materi pelatihan tersebut di kelas dan sekolah masing-masing. Sebagai tagihan pelatihan peserta diharapkan menyusun RPP berbasis ICT (TIK) sebagai syarat untuk memperoleh sertifikat atau piagam bukti keikutsertaan dalam pelatihan DALI tersebut.
Harapan selanjutnya, semoga RPP DALI menjadi salah satu alternatif pilhan guru dalam mengembangkan proses pembelajaran aktif di kelas mereka masing-masing. Serta tujuan jangka panjangnya dapat meningkatkan mutu atau kualitas pembelajaran di gugus Ki Hajar Dewantara Kaliwungu Kudus.

1 komentar:

  1. Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

    BalasHapus