Sabtu, 30 Mei 2009

Mengukur Kualitas Sekolah dengan LMS. Mungkinkah..?


Laporan Mutu Sekolah (School Card Reports) yang dipelopori DBE 2 dirancang untuk memberikan informasi kepada komunitas sekolah menyangkut data sekolah dan kemajuannya. Pelaporan sekolah ini sebenarnya sudah ada di Indonesia. Sebagian besar digunakan untuk keperluan pengelolaan birokrasi (misalkan Lembar Individu, Badan Akreditasi Nasional). LMS DBE 2 akan mendukung laporan-laporan yang sudah ada tersebut dengan demikian sekolah tidak perlu lagi melakukan pengumpulan data maupun pelaporan.


LMS DBE 2 ini berkolaborasi dengan DBE 1 mengembangkan sistem data sekolah (SDS) yang sifatnya melengkapi, sistem ini akan dapat memenuhi kebutuhan sekolah dalam usahanya untuk mengumpulkan data serta mengelola pelaporan. LMS DBE 2 akan dimasukkan dalam Rencana Kerja Sekolah (School Program Plans) yang merupakan program DBE 1. LMS 2 DBE ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sekolah di Indonesia yang spesifik dalam rangka pelaporan mutu mereka kepada masyarakat.


Tim Sekolah dari SD/MI rintisan DBE 2 Kaliwungu Kudus sebanyak 3 (tiga) 0rang Kepala Sekolah, Komite, dan Guru) mengikuti pelatihan LMS di PSBG Ki Hajar Dewantara pada 3 & 4 November 2008 dengan antusias. Hasil LMS dikirimkan kepada DBE 2 dan Dinas Pendidikan Kab. Kudus.


Berikut adalah data-dat ayang dimasukkan dalam Laporan Mutu Sekolah:
I. Profil Sekolah :
a. Identitas sekolah sesuai statistik
b. Capaian yang telah dicapai sekolah / max 202 huruf
c. 3 (tiga) Program tahun mendatang per program 120 huruf
d. Penghargaan yang diterima dalam setahun.


II. Profil peserta didik:
a. Jumlah peserta didik kelas I dan jumlah peserta didik yang diterima kelas 1 sejak tahun 2005/2006 sd 2007.
b. Jumlah murid Kelas 1 – 6 meliputi L dan P serta JML sejak tahun 2005 – 2006 sampai sekarang.
c. Jumlah anak yang tinggal kelas per kelas L P JML dan mengulang sejak 2005 – 2006
d. Jumlah anak yang drop out L P JML per kelas sejak tahun 2005 – 2006
e. Jumlah peserta didik yang pindah sejak tahun 2005 – 2006
f. Data pekerjaan orang tua siswa
g. Data pendidikan orang tua siswa
h. Rata rata UAS dan UASBN 8 Mapel sejak 2006 – 2007
i. Data anak melanjutkan setelah lulus dan tidak melanjutkan (SMP, MTs, Negeri atau swasta).


III. Profil Guru :
Latar belakang pendidikan dan L serta P guru sejak tahun 2006-2007 dan yang sudah sertifikasi
Rata-rata masa kerja guru
Guru yang memiliki spesialisasi latar belakang pendidikan
Rata-rata jumlah peserta didik dan rombongan belajar


IV. Keuangan / APBS / RKT 2 tahun yakni : 2006 – 2007 dan 2007 – 2008


V. Kegiatan Ekstrakurikuler :
a. Nama Kegiatan dan Muatan Lokal , Jumlah instruktur dan jumlah guru dan jumlah peserta.
b. Jumlah orang tua yang membantu kegiatan Ekstra kurikuler dan besar sumbangan orang tua yang bersifat spontan dan terus menerus.selama 2 tahun
c. Kondisi kelas yang menyenangkan baik lingkungan kelas, sudut baca dan inklusi serta pemecahannya. Selama 2 tahun
d. Jumlah anggota Komite sekolah, dana yang diberikan, yang terlibat penyusunan RKT, PBM dan yang hadir lebih dari setengah rapat komite sekolah selama 2 tahun
e. Keadaan Sarana prasarana selama 2 tahun
f. Toilet L dan P


VI. Program Sekolah

1 komentar:

  1. Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

    BalasHapus